Kuil Dengan Patung Buddha Terbesar Yang Ada Di Jepang

Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa kuil Buddha di Jepang memang memiliki patung Buddha yang  berukuran sangat besar dan dalam bahasa Jepang disebut sebagai Daibutsu.

Keberadaan Daibutsu ini telah menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke kuil ini. Jika kalian merasa tertarik untuk melihat Daibutsu dari dekat, berikut ini mimin sudah menyiapkan 6 kuil di Jepang yang terkenal dengan Daibutsu-nya!

A. Kuil Todaiji, Nara

Mungkin kebanyakan orang sudah banyak yang mengenal tentang kuil yang satu ini. Kuil Todaiji yang bermakna kuil besar di timur ini terletak di Kota Nara, tepatnya di Taman Nara dan ini telah menjadi kuil Buddha terbesar di kota ini.

Kuil ini dibangun pada tahun 743 dan kuil ini juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Bersama dengan Kuil Kofukuji dan Kuil Horyuji, Kuil Todaiji menjadi salah satu dari 3 kuil di Nara yang wajib dikunjungi turis saat datang ke kota ini.

Daibutsuden atau Aula Buddha Besar di Kuil Todaiji ini menjadikannya sebagai bangunan kayu terbesar yang ada di dunia dengan tinggi mencapai 48 meter. Daibutsuden ini menjadi tempat bagi salah satu patung Daibutsu (Patung Buddha Raksasa) perunggu terbesar di Jepang dengan tinggi mencapai 14,98 meter.

Hal yang menarik dari kuil ini adalah keberadaan pilar kayu besar dengan lubang di bagian bawahnya. Konon, mereka yang bisa melewati lubang di pilar itu akan terhindar dari penyakit dan bencana.

Ukuran lubang tidak terlalu besar, jadi bagi kalian yang bertubuh mungil mungkin bisa mencobanya! Selesai mengagumi kemegahan Patung Buddha Raksasa dan mencoba melewati lubang pilar, selanjutnya kalian bisa bermain dengan rusa-rusa liar jinak yang ada di sekitaran kuil.

Kalian juga bisa memberi makan mereka dengan makanan senbei rusa yang bisa dibeli dari pedagang di sekitaran kuil dengan harga 100-150 yen. Namun, perlu diingat bahwa biasanya rusa-rusa ini akan datang mengerumunimu jika kalian membawa makanan atau kantong belanjaan, jadi sebaiknya kalian berhati-hati terutama jika kalian membawa anak kecil.

B. Kuil Kotokuin, Kamakura

Kuil Kotokuin ini terletak di Kamakura dan membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan dari Tokyo. Dari Stasiun Hase, kuil ini bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 7 menit. Yang menjadi daya tarik kuil ini tentu saja keberadaan patung Daibutsu yang dikenal dengan sebutan Kamakura Daibutsu. Patung ini terbuat dari perunggu dengan ukuran tinggi 11,3 m atau 13,35 m jika diukur dari bagian alas.

Berat dari patung ini mencapai sekitar 121 ton dengan bagian dalam berongga. Pengunjung bisa masuk ke dalam patung dengan membayar 20 yen (Rp. 2300). Dulu, Kamakura Daibutsu berada di dalam Daibutsuden yang terbuat dari kayu, namun Daibutsuden hancur akibat dua kali diterjang topan dan diguncang gempa bumi hingga akhirnya saat ini Kamakura Daibutsu berada di ruang terbuka.

C. Kuil Shohoji, Gifu

Daibutsu yang ada di Kuil Shohoji merupakan salah satu Daibutsu terbesar di Jepang selain Daibutsu yang terdapat di Kuil Todaiji (tinggi 14,98 m), Nara dan Kuil Kotokuin (tinggi 11,35 m) di Kamakura.

Dibutuhkan waktu 38 tahun untuk membangun Patung Buddha Raksasa setinggi 13,7 meter yang ada di Kuil Shohoji ini. Jika Daibutsu lain terbuat dari perunggu, Daibutsu di kuil ini terbuat dari kayu ginkgo, bambu, clay dan kertas Jepang. Postur patung pun berbeda dari patung lain, sedikit membungkuk seolah menyambut mereka yang datang berdoa dengan satu tangan seperti membentuk tanda oke.

Kalian bisa berdoa di kuil ini dengan membayar 200 yen untuk dewasa dan 100 yen untuk anak-anak.

D. Kuil Tochoji, Fukuoka

Kuil yang satu ini terletak di Hakata, Fukuoka Kuil Tochoji dibangun oleh seorang pendeta Buddha bernama Kukai pada tahun 806 sekembalinya Kukai dari pelatihan di China. Kuil Tochoji merupakan kuil tertua di Fukuoka dan Kuil ini juga dikenal karena patung Buddha raksasanya yang biasa disebut “Fukuoka Daibutsu.

Patung Fukuoka Daibutsu relatif baru, yaitu mulai dibuat tahun 1988 dan selesai tahun 1992. Tinggi Daibutsu Kuil Tochoji sekitar 10,8 meter dengan bobot 30 ton. Terbuat dari kayu, Fukuoka Daibutsu merupakan salah satu Daibutsu kayu terbesar di Jepang. Kuil ini juga ramai dikunjungi terutama saat Festival Setsubun di bulan Februari atau pun saat peringatan kematian Kukai di bulan Maret.

E. Kuil Jorenji, Tokyo

Jika bicara tentang patung Buddha raksasa di Jepang, kebanyakan orang akan langsung terpikir tentang Nara Daibutsu atau Kamakura Daibutsu. Tapi, apakah kalian tahu kalau ternyata di Tokyo juga ada Daibutsu?

Patung tersebut terdapat di Kuil Jorenji yang terletak di daerah Itabashi, Tokyo. Tinggi Daibutsu perunggu yang ada di kuil ini mencapai 13 meter dengan warna patung hitam pekat.

Jika kalian ingin masuk ke dalam kuil ini kalian tidak perlu membayar, jadi jika kalian sedang berada di Tokyo dan ingin melihat patung Buddha raksasa, sekarang kalian sudah tahu harus ke mana.

F. Kuil Toganji, Nagoya

Kuil Toganji berada dekat dari stasiun bawah tanah Motoyama dan bisa diakses dengan menggunakan kereta Higashiyama atau Meijo Subway line. Kuil ini dibangun di abad ke-16 oleh Nobuyuki Oda, kakak Nobunaga Oda sebagai memorial dan makam ayahnya Nobuhide Oda.

Kuil Toganji juga memiliki patung Buddha raksasa yang biasa disebut “Nagoya Daibutsu”. Tinggi patung ini mencapi sekitar 10 meter. Sama seperti Daibutsu di Kamakura, Daibutsu di Kuil Toganji juga berada di area terbuka. Warna daibutsu ini terlihat mencolok dengan warna hijau di keseluruhan tubuhnya dan warna emas di bagian bibir, mata, dan telinga.

Gimana guys? Pasti seru juga kalau jalan-jalan ke kuil sambil melihat beberapa patung Buddha raksasa. Jadi tunggu apalagi buruan pesan tiketnya dan capcus terbang ke Jepang.