8 Budaya Orang Jepang Yang Bisa Ditiru

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang negeri sakura alias Jepang. Ngomongin tentang negara ini bakalan gak ada habisnya, banyak sekali hal-hal di dunia ini yang berkaitang dengan Jepang. Negara yang terkenal dengan keunikan dan teknologi yang canggihnya ini juga punya budaya yang patut ditiru lho. Yuk, kita simak sama-sama artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih jelasnya lagi.

Menilik Tentang Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang maju, unik dan memiliki banyak teknologi canggih yang diakui oleh seluruh dunia. Berbagai kelebihan dan keunggulan “Negeri Matahari Terbit” ini menjadikan ia sebagai salah satu negara yang ingin dikunjungi oleh orang-orang dari negara lain, mulai dari industrinya yang besar hingga budayanya yang khas.

Image result for semua tentang negara jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah paling timur benua Asia. Negara ini dikelilingi lautan di keempat penjurunya dan dikenal karena keindahan alamnya. Menurut data tahun 2014, penduduk Jepang berjumlah sekitar 125 juta jiwa dan Jepang dikenal sebagai negara yang berpenduduk paling banyak ke-10 di dunia.

Image result for budaya jepang yang unik

Bagi masyarakat Jepang untuk meraih sebuah kesuksesan adalah dengan bekerja keras. Soal waktu, mereka tidak pernah “ngaret”. Mereka selalu datang ke tempat kerja lebih awal dengan alasan agar tidak terlambat. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan agak memalukan di Jepang, karena seakan-akan pegawai tersebut tidak terlalu dibutuhkan oleh perusahaan. Para pekerja di Jepang dengan sukarela memberikan performa terbaiknya sampai lembur pun mereka lakukan dengan senang hati. Berikut ini adalah budaya positif yang bisa kamu contoh dari orang Jepang:

Orang Jepang tidak suka ditraktir atau mentraktir

Sejak kecil orang Jepang sudah diajarkan untuk mandiri. Saat di bangku sekolah misalnya, mereka dibiasakan untuk membawa peralatan mereka sendiri. Mereka juga diharapkan bertanggung jawab akan barang yang menjadi kepemilikan mereka sendiri. Ini juga yang jadi alasan kenapa mereka tidak mau ditraktir atau menraktir, karena mereka terbiasa melakukan apapun sendiri.

Suka membaca

Kamu akan menemukan orang-orang Jepang yang sibuk membaca, dari kebiasaan ini tidak susah untuk mereka menjalani profesi sebagai translator atau penerjemah, bahkan banyak diantara mereka yang memiliki profesi penulis buku. Semua berawal dari hobi mereka yang senang membaca, ketika mencari uang berdasarkan hobi pun tidak akan masalah.

Antrian yang rapi

Kalau kamu mengunjungi Jepang, kamu tidak akan ketemu dengan orang yang suka nyelip-nyelip atau dorong-dorongan saat mengantri karena di sana mereka akan tertib dalam menunggu antrian. Mereka dapat mengatur antrian sendiri dengan tertib tanpa ada garis pengatur. Bagi masyarakat Jepang, melanggar antrian adalah hal memalukan. Bagus banget kan guys?

Hemat

Faktanya, orang Jepang selalu berhemat dengan memanfaatkan barang yang masih ada. Bepergian menggunakan kendaraan umum, ponsel seadanya, hidup mandiri, ya itulah cara berhemat masyarakat Jepang. Gaji yang mereka terima tidak dipakai untuk membeli hal-hal yang tidak penting. Mereka senantiasa berinvestasi, nabung, buka usaha lebih menggiurkan dibanding berfoya-foya. Padahal sering kamu dengar pernyataan ‘hemat pangkal kaya’, ternyata pernyataan tersebut sangat dipakai oleh masyarakat Jepang.

Orang Jepang sangat menghargai setiap proses

Mereka tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi lebih pada proses. Mereka tidak akan cepat puas dengan hasil yang diperoleh. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka selalu selangkah lebih maju. Hal ini tampak dari ekspresi mereka yang selalu bersemangat menyongsong setiap pekerjaan dan tantangan, karena mereka yakin dengan semangat dan kerja keras akan memberikan hasil yang baik.

Bangsa Jepang masih menggunakan budaya tahan banting dan pantang menyerah di kehidupan sehari-hari. Hal ini dilakukan ketika mereka memiliki suatu cita-cita dan selalu belajar hingga akhirnya masyarakat Jepang dikenal dengan orang-orang yang pantang menyerah. Sungguh hal yang positif bukan?

Sehat itu penting

Tahukah kamu mengapa banyak menu makanan khas Jepang yang disajikan dalam bentuk mentah? Hal tersebut dikarenakan orang Jepang menganggap makanan yang terlalu lama diolah akan mengurangi kadar zat gizi yang terkandung dari makanan tersebut. Orang Jepang sangat menyukai yogurt, acar dan tofu. Karena di dalam makanan tersebut terkandung isoflavon yang tinggi yang bisa membantu daya tahan tubuh. Orang Jepang juga sangat suka dengan makanan-makanan yang berasal dari laut. Karena di dalam makanan dari laut ini mengandung zat antioksidan dan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecerdasan otak.

Kerjasama yang kompak

Meskipun masyarakat Jepang pintar-pintar bukan berarti mereka sombong dengan kepintarannya. Mereka lebih mengutamakan kekompakakan dalam bekerja sama dengan tim dan saling membantu. Hal yang satu ini merupakan ide yang baik buat dicontoh setiap orang.

Menyeberang harus di Zebra Cross

Sekecil apapun jalanan di Jepang pasti akan selalu ada zebra crossnya. Kenapa? Karena di sana diterapkan kalau mau menyebrang harus di zebra cross. Semoga di masyarakat bisa tertib seperti ini ya guys, nyebrang ya harus di zebra cross.

Ya, itulah kurang lebih penjelasan tentang budaya orang Jepang yang positif, semoga dengan membaca artikel ini sedikit banyaknya kita semua bisa menerapkan hal positif yang dilakukan Jepang tersebut ya guys….