5 Kota Yang Tepat Untuk Melihat Perayaan Hanami

Sakura selalu identik dengan Jepang. Dan sakura pun hanya mekar di waktu tertentu, tepatnya di musim semi. Nah, musim semi di Jepang tahun ini hampir datang. Artinya, sakura pun akan mulai bermekaran. Keindahan bunga berwarna putih bercampur merah muda tersebut mampu menyedot perhatian wisatawan dari mancanegara, termasuk Indonesia. Sepertinya, kurang afdol kalau ke Jepang tapi tidak menyaksikan indahnya sakura yang bermekaran. Dalam bahasa Jepang, kegiatan melihat bunga sakura disebut hanami.

Di Jepang, perayaan mekarnya bunga sakura sudah dilakukan sejak abad ke-18. Toyotomi Hideyoshi, tokoh panglima perang dan pemersatu Jepang, sudah menginisiasi perayaan hanami mewah pada tahun 1598 di Kyoto. Perayaan tersebut ditujukan kepada tokoh-tokoh feodal di Jepang dan pengikutnya. Sampai hari ini, hanami masih dirayakan di Jepang bersama teman dan keluarga untuk menyambut musim semi.

 

Pada tanggal 16 Februari lalu, Japan Meteorological Corporation mengumumkan perkiraan waktu terbaik untuk menikmati bunga sakura mekar di seluruh wilayah Jepang. Waktu tersebut dibagi berdasarkan kota karena sakura di Jepang mekar pada waktu tertentu sesuai wilayah. Berikut adalah kota yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan untuk melihat pemandangan mekarnya bunga sakura.

1. Hiroshima

Bunga sakura akan mekar di Hiroshima pada tanggal 24 Maret dan puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 2 April. Setelah peristiwa jatuhnya bom puluhan tahun lalu di kota ini, pemerintah Jepang menguras banyak tenaga untuk mengembalikan citra kota Hiroshima. Beberapa lokasi di Hiroshima yang dikelilingi oleh pohon sakura dan wajib dikunjungi selama musim sakura, antara lain Peace Park, Shukkeien Garden dan Kastil Hiroshima.

2. Osaka

Jelang sehari setelah mekar di Kyoto, bunga sakura akan mekar di Osaka pada tanggal 27 Maret. Puncak mekarnya bunga sakura di Kyoto diperkirakan akan jatuh pada tanggal 3 April, sama seperti di Kyoto. Lokasi terbaik untuk menikmati hanami berada di Osaka Castle. Anda juga dapat mengunjungi Kema Sakuranomiya Park. Di taman tersebut, ada lebih dari 5000 pohon sakura yang berada di sepanjang Sungai Okawa. Lebih menarik lagi, Anda dapat piknik di bawah pohon sakura. Tsurumi Ryokuchi Park adalah taman umum yang memiliki ratusan pohon sakura.

3. Hokkaido

Bunga sakura akan mekar di Hokkaido pada tanggal 27 April (Hakodate), 2 Mei (Sapporo) dan 3 Mei (Muroran). Puncak mekarnya diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 Mei (Hakodate), 6 Mei (Sapporo) dan 8 Mei (Muroran). Ketika berada di Hokkaido, Anda harus mengunjungi Goryokaku di Hakodate. Goryokaku merupakan benteng kecil berbentuk bintang yang sering dikunjungi para wisatawan untuk menikmati hanami. Ada pula Kastil Matsumae, satu-satunya kastil di Hokkaido yang dapat digunakan untuk menyaksikan pemandangan sakura.

4. Tokyo

Berdasarkan perkiraan waktu tersebut, bunga sakura akan mekar pertama kali di Tokyo pada tanggal 19 Maret. Puncak mekarnya bunga sakura juga pertama kali akan terjadi di Tokyo pada tanggal 28 Maret. Ada banyak lokasi di Tokyo yang bisa digunakan untuk menikmati hanami, seperti Shinjuku Gyoen, Yoyogi Park, Meguro, Ueno Park dan Aoyama Cemetry. Pada akhir pekan, tempat-tempat tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Tokyo untuk menikmati hanami.

5. Fukuoka

Terletak di pusat kota Fukuoka, taman ini letaknya di bukit dan menghadap ke teluk Hakata. Taman ini sangat terkenal di Fukuoka sebagai salah satu lokasi terbaik untuk melihat bunga sakura yang bermekaran. Lebih dari seribu pohon sakura di sini mekar setiap tahunnya. Someyomoshi, Ooshima Zakura, Yama Zakura, Shidare Zakura dan jenis sakura lainnya dapat kita temukan di Nishi Park. Bayangkan bila kalian bisa berjalan di jalan setapak di Taman Nishi ini atau bahkan duduk di bawah banyaknya pohon-pohon sakura yang begitu banyak.

Tips

Banyak toko makanan di Jepang yang menjual makanan khusus untuk piknik selama perayaan hanami. Menu yang ditawarkan beragam, mulai dari onigiri, kacang merah dan mochi. Ada pula menu bento spesial yang dijual di minimarket atau pusat perbelanjaan.

Jangan lupa untuk menghemat ruang duduk jika ingin berpiknik. Ambil ruang secukupnya saja karena akan ada wisatawan-wisatawan lain yang juga ingin ikut berpiknik ria. Warga Jepang yang berpiknik menikmati sakura biasanya akan membawa alas duduk sendiri dari potongan karton atau kardus bekas. Mereka juga sangat disiplin menjaga kebersihan. Karena itu, usai piknik, jangan lupa untuk membersihkan semua makanan dan minuman, ya!. Selamat menikmati sakura!!!!.